Kamis, 09 Februari 2017

Cara Atasi Tombol Home Rusak Pada Android

Cara Atasi Tombol Home Rusak Pada Android - Selamat malam. Bicara tentang android pasti banyak sekali hal yang dapat dibahas, mulai dari aplikasi, fitur-fitur canggih yang dimilikinya, internet, dan banyak lagi kemudahan dan kelebihan yang dimiliki android. Pantas saja kalau android adalah sistem operasi yang banyak diminati dan digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Namun tentu saja, beberapa pengguna android pasti juga pernah mengalami atau menemui beberapa masalah, mulai dari masalah software sampai dengan hardware. Salah satu masalah yang mungkin tidak jarang ditemui adalah kerusakan pada tombol Home yang terdapat pada ponsel android. Kebanyakan ponsel android memiliki tiga tombol yang terletak di bawah layar sentuh (touchscreen) yaitu tombol menu, home dan juga tombol back. Nah jika salah satu tombol tersebut rusak, maka akan sangat mengganggu, karena tombol tombol tersebut berguna untuk memudahkan kita mengoperasikan ponsel android. Terutama jika kerusakan terjadi pada tombol Home. Tombol Home merupakan tombol yang kita gunakan untuk kembali ke homescreen secara cepat, namun tombol inilah yang rentan sekali mengalami kerusakan. Nah, berikut ini adalah tutorial Cara Atasi Tombol Home Rusak Pada Android. Untuk lebih jelasnya, yuk kita langsung saja simak selengkapnya.

Cara Atasi Tombol Home Rusak Pada Android

1. Hapus Aplikasi
Salah satu penyebab kerusakan yang terjadi pada tombol home adalah karena menginstal suatu aplikasi tertentu. Jika kerusakan terjadi setelah mengintal suatu aplikasi, maka segera hapus atau unistal aplikasi yang barusaja diintal tersebut.
2. Factory Reset
Cara jitu yang dapat dilakukan untuk mengatasi tombol home yang rusak adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset adalah proses dimana mengembalikan settingan hp sesuai dengan saat hp keluar dari pabriknya. Proses ini dapat dilakukan dengan masuk pada Pengaturan/ Setting > Backup & Reset > Factory Reset. Perlu diingat bahwa factory reset dapat menghapus semua data dan informasi yang ada dalam ponsel, jadi sebelum melakukan proses ini sebaiknya lakukan dulu backup data yang dianggap penting.
3. Unroot dan Kembali pada Stock ROM
Kerusakan tombol home dapat juga terjadi karena adanya gangguan dari sistem android yang disebabkan oleh proses root. Jadi sebaiknya jika hp kita pernah diroot, maka segera lakukan unroot. Selain itu jika kita pernah mengganti custom ROM, maka segera kembalikan lagi romnya pada Stock ROM.
4. Install Aplikasi Assistive Touch
Selain beberapa cara tersebut, kita juga dapat menginstall aplikasi yang menawarkan tombol home virtual pada touchscreen ponsel kita. Jadi kita dapat menggunakan aplikasi ini pada touchscreen kita untuk menggantikan tombol home (manual) kita yang rusak. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Google Play Store.

Nah, itulah tadi beberapa Cara Atasi Tombol Home Rusak Pada Android. Mudah sekali bukan? Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan dapat membantu pengguna android yang sedang memiliki masalah yang terjadi pada tombol home ponselnya. Selamat mencoba.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda