Cara Mengatasi Lag, Panas, Suka Reboot Sendiri dan Batere Boros pada Lg G3 [Root]

Cara Mengatasi Lag, Panas, Suka Reboot Sendiri dan Batere Boros pada Lg G3 [Root]

BY



Perlu dipahami dulu kenapa HP sering mengalami reboot atau restart sendiri. Ini dikarenakan system control thermal, yang akan melakukan reboot bila ambang batas toleransi panas sudah dilampui. Tujuannya jelas, agar komponen-komponen pada unit kita terlindungi/terjaga dari panas berlebih yang bisa merusak komponen tersebut, seperti cpu (prosesor untuk komputasi), gpu (prosesor untuk grafik) dan battery.

Kelemahan pada LG G3, memang panas yang menyebalkan, dikarenakan layar QHD sehingga mengakibatkan GPU harus bekerja keras.

Berikut adalah tips untuk mengatasi panas yang di rangkum dalam beberapa bagian, jangan lupa untuk backup dulu rom dengan TWRP sebelum mulai mengotak-atik:
  1. Jangan lupa sekali lagi untuk backup firmware, efs, modem dan data dengan TWRP.
  2. Usahakan kecerahan layar tidak terlalu tinggi, 50% brightness dengan set pada auto sudah lebih dari memadai untuk keperluan sehari-hari. Intensitas layar yang tinggi akan membutuhkan listrik yang lebih besar, listrik yang besar = batere jadi boros = panas meningkat.
  3. Disable aplikasi system yang tidak berguna, aplikasi yang menjadi culprit, kadang tidak bisa di-disable, jadi hapus saja dari system. Gunakan Titanium Backup atau aplikasi serupa untuk freeze aplikasi dan atau remove system aplikasi. 
  4. Gunakan aplikasi yang bernama "DisableServices" untuk mematikan services pada aplikasi yang membuat batere boros, 
  5. Matikan Bluetooth, Wifi atau GPS bila tidak digunakan.
  6. Gunakan aplikasi bernama "Trickster" untuk mengubah Governoor CPU menjadi "Conservative", mode CPU conservative akan menjaga efisiensi clock speed pada 80% max cpu clock atau sekitar di clock speed 2GHz. Sehingga temperature relatif adem, juga akan meningkatkan performa cpu dengan trotol yang lebih gegas.
  7. Gunakan aplikasi diatas juga untuk merubah GPU governoor ke mode "PowerSave", agar pemakain listrik lebih sedikit, yg berarti pemakaian batere yang lebih hemat, tanpa secara kasat mata mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan.
  8. Biasakan untuk "Clear All" pada multitasking agar program latar belakang tidak jalan.
  9. Ada mitos, pakai greenify akan menghemat resources. Sebaiknya hindari greenify. Banyak aplikasi yang berjalan secara latar belakang, akan dipanggil berulang-ulang kalau dimatikan oleh greenify, walhasil batere jadi boros dan tidak akan pernah tercapai kondisi "Deep Sleep Mode". Cukup jadikan kebiasaan saja melakukan "Clear All".
  10. Saya tahu, kita semua facebook mania. Tapi aplikasi ini termasuk messengernya pelahap batere paling tega. Jadi gunakan saja browser untuk membuka facebook dan hapus aplikasi facebook dan messenger.
  11. Hindari tip seperti mitigation atau temperature property. Itu malah akan membuat perangkat anda tidak terkontrol lagi fungsi pengaman panasnya, walau memang terasa cepat karena trotol frekuensi cpu jadi tidak dijalankan. Justru fungsi inilah yang menjadikan unit kita awet dan tahan lama.
  12. Salah satu penyebab panas adalah karena sinyal lemah. Memang hp kita sudah support LTE, tapi mengaktifkan LTE pada jangkauan sinyal yang lemah hanya akan membuat modem menjadi bekerja keras, kerja keras sama dengan panas dan boros batere. Coba turunkan ke 3G, atau bahkan ke Edge only bila sinyal memang sangat payah ditempat anda. Lebih baik lagi ganti saja dengan operator yang memiliki jangkauan sinyal lebih baik, agar tidak mengganggu kenyamanan kita menggunakan unit ini.
  13. Ada aplikasi bernama Velocity yang dibuat khusus untuk LG G3 ini. Aplikasi bisa didownload disini: http://d-h.st/H8WL, penjelasan bisa dilihat disini: http://forum.xda-developers.com/lg-g3/development/script-g3-speed-t2929212.  setting di frekuensi 5000, kemudian mengaktifkan "G3 speed script trial" tiap kali hp direstart. Lihat gambar pada komentar dibawah untuk settingnya. 
Perlu diingat ya, semua tweak ini ga buat unit kita langsung adem, hemat, ga boros batere. Dicoba dalam 5-6 hari terakhir dan rasakan bedanya dalam waktu berjalan.

Happy ngoprek and enjoy ur precious phone !!

Source : LG G3 Indonesia
Facebook Comments

0 comments