Flash Stock ROM Galaxy Grand Prime

Tutorial Flash Stock ROM Samsung Galaxy Grand Prime

By


===Intro===
"Firmware" dalam pengertian umumnya dapat diibaratkan sebagai sistem operasi/OS(Operating System) pada perangkat Android. Sementara proses flash/flashing firmware berarti pula proses menginstall OS. Seperti halnya prosedur install ulang pada Sistem Operasi berbasis Windows, ketika Sistem Operasi kita mengalami hal hal yang tidak diinginkan/error pada sistem maupun fungsi, yang biasanya diakibatkan oleh faktor faktor seperti:

1. modifikasi file system (root)
2. malware/virus.
3. Serta penggunaan yang tidak sesuai prosedur standar lainnya

Saat Android tidak berfungsi sebagai mana mestinya, maka flashing stock firmwareadalah solusi yang paling umum dilakukan.

Berbeda dengan "kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset" yang ada di menu pengaturan Android, yang fungsinya hanya sebatas mengembalikan pengaturan, aplikasi, dan data-data user ke kondisi awal (pabrik), flashing stock firmware sama seperti menginstall sistem operasi baru (fresh) ke dalam Android kita. Otomatis flashing stock firmware juga akan menghapus modifikasi sistem yang sebelumnya dilakukan oleh user(un-root) . Ingin tau caranya ? Cekibrots gan:


===Perhatian!===
1. BACKUP data data sebelum melakukan prosedur ini, karena dapat dipastikan semua data akan HILANG setelah proses ini selesai.
2. Pastikan baterai minimal 50% untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan



===Persiapan===
1. Aktifkan USB Debugging Mode di SGGP agan. (Setting >> About Device >> Tekan Build Number sebanyak 7x untuk mengaktifkan developer option. Balik ke menu Setting >> Developer Options >> Centang USB debugging.)
2. Install Samsung USB Driver di PC agan. Jangan lupa restart.
3. Banyak berdoa :)


===Bahan Bahan===
1. Samsung USB Driver Download Di sini
2. ODIN Download Di sini
3. File firmware 
4. Laptop/PC
5. Kabel data


===Cara download Official Firmware via Sammobile===

1. Silahkan klik link berikut untuk menuju ke situs sammobile:

2. Silahkan klik tombol login jika sudah pernah mendaftar lalu masukkan username/password masing-masing, atau bisa menggunakan ID bersama yang sudah disediakan. Mohon pergunakan ID bersama ini secara bijak!

ID: sggpindo
Pass: grandprime

3. Setelah login, klik link berikut utk menuju ke halaman download:http://www.sammobile.com/firmwares/database/SM-G530H/XSE/


4. Penting! Tidak semua firmware di list cocok untuk SGGP agan. Salah memilih firmware akan menyebabkan FAIL saat proses flashing! Untuk memilih versi firmware mana yang cocok, ikuti step berikut:

Buka Pengaturan >> Tentang Perangkat, perhatikan bagian Nomor Versi/Build Number.Lalu sesuaikan Nomor Versi/Build Number dengan versi Firmware yang akan didownload di kolom PDA. Contoh:

Build Number: KTU84P.G530HDCU1AOA2, silahkan pilih firmware dengan versi PDA:G530HDCU1AOA2



5. Pilih Regular Download. Lalu Klik tombol Download.



===Mirror Link===

PDA: G530HDXU2AOE2 (XSE)
CSC: G530HOLB2AOE1
CHANGELIST: 580833BUILD
DATE: 14.05.2015

Untuk download, DISABLE terlebih dahulu Download Manager (IDM, etc.)





===Step step Flash stock firmware===

Step-1: Download stock firmware galaxy grand prime yang sesuai dengan build number SGGP agan melalui prosedur di atas, lalu taruh di PC/laptop

Step-2: Ekstrak hasil file download tadi, agan akan mendapatkan file stock firmware dg ekstensi .tar.md5

Step-3: Masuk ke Download Mode dengan cara menekan Tombol [Volume Down] + [Power] + [Home] di SGGP agan secara bersamaan, tahan kurang lebih 5 detik lalu lepaskan. Selanjutnya akan muncul gambar simbol peringatan. Lalu tekan [Volume Up] untuk masuk ke download mode.

Step-4: Jalankan Odin.

Step-5: Sementara itu sambungkan HH ke PC dengan kabel data. Tunggu hingga HH terdetek oleh Odin. Akan muncul tanda Biru di Odin jika sudah terdetek.

Step-6: Sekarang masukkan file yang akan diflash dengan cara klik tombol AP/PDA lalu cari lokasi file tar.md5 yang telah diekstrak tadi.

Step-7: Pastikan Auto Reboot dan F.Reset Time tercentang di Odin. Sementara Re-Partition tidak boleh dicentang.

Step-8: Selanjutnya klik tombol Start di Odin. Lalu tunggu hingga proses flashing selesai. Jika prosesnya selesai, HH akan reboot dengan sendirinya.


Selamat, proses flashing firmware berjalan sukses :)


*STEP OPSIONAL: Dianjurkan untuk melakukan wipe data & wipe cache setelah melakukan flashing firmware, untuk memastikan HH agan benar benar 100% fresh.

Wipe data/cache:
Matikan HH, lalu masuk ke Recovery Mode dengan cara tekan tombol [Volume Up], [Home] dan [Power] bersamaan. Setelah masuk ke recovery, selanjutnya pilih wipe data/factory reset dan setelah itu diikuti dengan wipe cache partition. Restart/Reboot. Done!

 Source : Samsung Galaxy Grand Prime Indonesia

===Semoga Membantu===

Facebook Comments

3 comments

kalo sudah di custom rom gmn gan?

Balas

iya gakpapa gan.
tapi jangan lupabackup untuk jaga2

Balas

posisi udah bootloop.. gabisa liat build number... gimana tuh gan?

Balas